Home » , , , » Atheis (1974)

Atheis (1974)

download film Atheis (1974)

Atheis (atau juga berjudul Kafir) adalah film drama tragedi romantis tahun 1974 dari Indonesia yang disutradarai oleh Sjuman Djaya dan dibintangi oleh Deddy Sutomo dan Christine Hakim. Film ini dibuat berdasarkan novel sastra terkenal tahun 1949 berjudul "Atheis" karya Achdiat K. Mihardja, sastrawan angkatan 45 Indonesia asal Jawa Barat.


Diproduksi dengan anggaran sebesar Rp. 80 juta dan juga dibintangi oleh Emmy Salim, Kusno Sudjarwadi, dan Farouk Afero, film ini dimaksudkan untuk menjadi sebuah tantangan kepada komunitas agamais di Indonesia kala dirilis. Film ini menjadi kontroversial pada saat rilis, sempat ditolak oleh Badan Sensor Film Indonesia. Walaupun dinilai gagal mendapatkan banyak penonton pada rilis, film ini kemudian menjadi salah satu film Sjuman Djaya yang paling dikenal.

Sinopsis Atheis (1974)
Tema sentralnya adalah keberadaan Tuhan. Sebuah bom atom meledak di Hiroshima dengan derita yang menyertainya, merupakan awal film. Hasan (Deddy Sutomo), santri keturunan, masa kanak-kanaknya sangat tradisional, pendidikannya setengah-setengah, dan pegawai Perusahaan Air Minum di Bandung pada tahun 40an. Waktu anak-anak jatuh cinta pada Rukmini (Christine Hakim), tapi waktu dewasa terpesona pada Kartini (Emmy Salim), perempuan bebas dan berpaham modern. Emmy ini bergaul erat dengan Rusli (Kusno Sudjarwadi), partisan yang bergerak di bawah tanah dan sahabat masa kecil Hasan. Tokoh-tokoh ini, ditambah lagi dengan Anwar (Farouk Afero) yang nihilis, menjelaskan tema dan alur konflik tentang kolot-modern, dan soal Tuhan. Hasan yang peragu dan terombang- ambing, suatu saat melihat kenyataan paling pahit dalam hidupnya: istrinya, Kartini, menginap satu losmen dengan si nihilis Anwar. Keputusan diambil: hadir atau tersingkir. Ia berangkat membunuh Anwar. Tokoh lainnya juga berakhir dengan kematian. Rusli ditembak Kempetai. Hasan pun tertembak Jepang saat dendamnya terlunasi, dan bersamanya berakhir pula pengejaran cakrawala yang dilukiskan saat Hasan kecil. Ada beberapa shot yang mengingatkan shot-shot film "Potemkin" karya sutradara Rusia, Sergei Eisenstein.


Sutradara: Sjuman Djaya
Produser: Sjuman Djaya, Handojo
Penulis: Sjuman Djaya
Novel: Achdiat Karta Mihardja
Pemeran: Deddy Sutomo, Christine Hakim, Emmy Salim, Kusno Sudjarwadi, Farouk Afero, Aedy Moward, Ernie Djohan, Maruli Sitompul, Kris Biantoro, Rita Zahara.
Musik: Idris Sardi
Sinematografi: Sjamsudin Jusuf
Distributor: Matari Film
Durasi: 127 menit
Negara: Indonesia


Streaming film Atheis (1974) install disini:
Film Grewal


streaming film Atheis (1974)
nonton film Atheis (1974)
download film Atheis (1974)
film jadul indonesia
aplikasi pemutar film

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Copyright © 2015 Full Movie
Distributed By Gooyaabi Templates